Selasa, 14 November 2017

Karya Seni Berumur Ribuan Tahun "Ditemukan" di Makam Prajurit Griffin



Sobat MB ini adalah karya seni menakjubkan yang baru-baru ini ditemukan di Zaman Griffin milik seorang prajurit Yunani dan usianya sekitar 3.500 tahun batu tersebut berukuran Ibu Jari orang dewasa.

Bahkan peneliti yang dikirim dari University Of Cincinnati membutuhkan waktu hampir setahun lamanya untuk membersihkan artefak yang sangat berharga tersebut sebelum mereka dapat melihat detail gambar rumit yang terukir di permukaannya.

Mereka berpendapat, bahwa ukiran pada batu tersebut akan menulis ulang sejarah seni Yunani Kuno.

Jika diperhatikan dalam gambar diatas dapat diketahui bahwa cincin itu menggambarkan seseoranf prajurit perang yang berhasil membunuh lawan pertamanya, lalu menghujamkan pedangnya ke leher musuh lainya.

Kita dapat melihat otot pada tubuh manusia yang diukir pada batu. Ukiran batu permata itu kemudian dijuluki atau dinamai dengan nama 'Pylos Combat Agate'.


Sketsa Gambar Pylos Combat Agate

Makam yang ditemukan pada tahun 2015 itu menjadi penemuan yang luar biasa menakjubkan.
Tempat itu menyimoan kerangka Prajurit Griffin yang terjaga dengan sangat baik. Ia dimakamkan dengan sebuah plakat yang menggambarkan makhluk yang disebut griffin, dengan kepala dan sayap seekor burung elang dan bertubuh singa.

Didalam makam tesebut ditemukan sedikitnya, 3.000 artefak termasuk ') 'Cincin emas, kalung emas, cangkir perak, pedang dengan sulaman emas, baju besi perunggu, sisir gading, 50 batu segel dan 1.000 manik-manik yang diukir menggunakan batu mulia'.



Artefak-artefak tersebut ini mengungkapkan budaya yang kaya dan mendalam. Banyak barang kuburan berasal dari Minoan, menunjukkan bahwa pertukaran budaya antara orang Minoa dan orang Mycenaeans lebih kuat dan lebih luas dari yang diperkirakan sebelumnya.

Mereka juga membantu menemukan petunjuk tentang agama, nilai, dan ritus pemakaman. Misalnya, tidak ada artefak tanah liat yang ditemukan di kuburan, yang menunjukkan bahwa hanya logam dan bahan berharga lainnya seperti gading yang sesuai untuk benda-benda pemakaman tokoh dengan status sosial tinggi.
"Yang menarik adalah representasi tubuh manusia pada tingkat detail dan otot yang tidak ditemukan lagi sampai periode klasik seni Yunani 1.000 tahun kemudian, tampaknya orang-orang Minoa memproduksi seni yang tak satupun orang membayangkan bahwa mereka bisa membuatnya, Ukiran ini menunjukkan kemampuan dan minat mereka terhadap seni represantasioanal terutama gerakan dan anatomi manusia, diluar apa yang pernah kita bayangkan. Semua itu kemudian dikombinasikan dengan fitur vergaya yang khas, sehingga menjadi begitu luar biasa." kata peneliti Jack Davis dari University of Cincinnati.

Keterampilan dan kecanggihan yang dibutuhkan untuk membuat ukiran rumit semacam itu tidak ada bandingannya dengan apa pun dari zaman tersebut. Begitu detail hingga hanya dapat dilihat dengan mudah menggunakan lensa kamera fotomikroskopi. Beberapa detail yang diukir pada batu tersebut bahkan ada yang berukuran setengah millimeter.

Para ahli menduga bahwa ukiran tersebut mungkin dibuat dengan bantuan kaca pembesar, meski sejauh ini arkeolog belum menemukan alat semacam kaca pembesar dari zaman itu.

Apa tepatnya yang digambarkan oleh ukiran halus itu masih menjadi misteri. Tetapi para peneliti meyakini bahwa karya seni itu menggambarkan legenda yang telah begitu terkenal pada masanya.

Ini akan menjadi barang bernilai dan berharga, yang tentunya merupakan perwakilan dari peran Prajurit Griffin di masyarakat Mycenaean," jelas peneliti Shari Stocker dari University of Cincinnati.

Masih belum diketahui siapa sebenarnya Prajurit Griffin, namun ia akan dikenang karena benda-benda dari pemakamannya berkontribusi terhadap antropologi, arkeologi dan sejarah seni.

Penelitian terhadap artefak-artefak yang ditemukan di makamnya akan terus berlanjut, dan tak diragukan lagi, kata peneliti, ada lebih banyak kejutan di masa yang akan datang. Tapi tampaknya, kejutan lain akan sulit mengalahkan Pylos Combat Agate.

"Ukiran ini harus disertakan dalam semua teks sejarah seni yang akan datang, dan akan mengubah cara seni prasejarah dilihat," kata Stocker.
Rincian tentang batu permata dan artefak yang ditemukan di makam tersebut dipublikasikan di jurnal Hesperia.

Sumber : kompas.com

1 komentar:

  1. PERMISI YAA BOSKU MAU NUMPANG PROMO NIH BOSKU :)


    Sering kalah bermain poker dan domino di poker online lain yaa bosku?

    Terbukti SaranaPelangi Murni 100% Tanpa Robot dan Tanpa Admin ikut Bermain.

    Tersedia 7 Permainan dalam 1 UserId : POKER - DOMINO - CAPSA SUSUN - ADUQ - BANDARQ - BANDAR POKER - SAKONG

    Ayo gabung di Agen Poker SaranaPelangi ini , Kamu akan merasakan sensasi nya menjadi jutawan setiap hari nya.

    SARANA PELANGI ADALAH SALAH SATUNYA AGEN JUDI DOMINO QQ , BANDAR POKER DAN BANDAR QIU QIU 99 TERPERCAYA SEASIA .

    Pelayanan yang Ramah, Cepat dan Online 24 Jam.

    Proses Deposit dan Withdraw Hanya 2 Menit .

    Untung dengan super bonus saranapelangi :

    -Bonus Referral hingga 20%
    -Bonus Cashback Hingga 0.5%

    Tunggu Apalagi Boskuu ?? Ayo Gabung Dan Rasakan Sensasi Menjadi Jutawan Boskuu !!


    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami di www.saranapelangi.net atau melalui android kami.

    - BBM : 2B47BB9C
    - CALL : +855964972098
    - WEECHAT : saranapelangi
    - SKYPE : saranapelangi
    - EMAIL : saranapelangi99@yahoo.com
    - FACEBOOK : saranapelangi99@yahoo.com

    Link Alternatif Saranapelangi :

    - Saranapelangi.net
    - Saranapelangi.info
    - pelangiqiuqiu.com

    Silahkan di coba ya bosku :)

    www.saranapelangi.net

    BalasHapus