Jumat, 10 November 2017

Makhluk Kecil Ini "Akan" Menjelajahi Alam Semesta

Gambar Ilustrasi Tardigrada di Luar Angkasa

Sobat MB pernah Dengar Tardigrada ? Dia adalah hewan Kecil yang paling tangguh didunia saat ini. Hewan yang memiliki panjang tubuh 1,55 mm ini disebut-sebut menjadi Kandidat Kuat oleh NASA dalam mengarungi Alam Semesta.

Hal tersebut tidak terlepas dari tangguhnya dia dalam cuaca ekstrim, dia tidak akan mati ketika direbus sekalipun dan yang lebih menakjubkan lagi mereka tahan terhadap radiasi alam semesta, tekanan ekstrim dan dingin ekstrim pun tidak akan bisa membunuh tardigrada.

Sebuah penelitian oleh Jurnal Scientific Reports pada 14 Juli 2017, ledakan nuklir hantaman asteroid, ledakan supernova serta radiasi Gamma antar Bintang tak mampu memusnahkan Tardigrada Selamanya.

Penyebab tangguhnya makhluk ini adalah badanya yang kecil dan bisa mengkerut menjadi bola dalam kondisi dingin ekstrim. Dan ketika kondisi tersebut membaik meraka akan melelehkan cairan internal dan kembali bergerak seolah tidak terjadi sesuatu apapun.

Selain tardigrada, kandidat berikutnya adalah Caenorhabditis elegans, dia adalah makhluk sejenis nematoda C.


Gambar Caenorhabditis Elegans 


Elegans memiliki tubuh yang tersususn kurang dari 1.000 sel membuat C. Para ilmuwan telah memiliki banyak data terkait genetika dan perilaku Nematoda tersebut. Walau ukuranya bersifat mikroskopik C, elegans bisa mengamati dan belajar dari lingkungan barunya saat menjelajahi tata surya.

Sampai sekarang belum diketahui tanggal pasti kapan kedua makhluk itu akan menjelahi alam semesta. Filantropis Rusia dan Penyandanf Dana progran Breakthrough Starshot, Yuri Milner mengatakan "Rencananya penerbangan Ikonik ini bisa terjadi sekitar 20-25 tahun kedepan. Targetnya adalah sistem bintang yang terdekat dengan Bumi, yakni Alpha Centauri".

Perjalanan luar angkasa akan ditanggung oleh Starlight NASA. Dan akan menggunakan foton untuk mendorong benda-benda kecil pada fraksi ekstrem berkecepatan cahaya menuju bintang-bintang disekitarnya.

Semoga Bermanfaat ya.


Sumber: National Geographic Indonesia dan kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar