Rabu, 08 November 2017

Penjelasan Lengkap Tentang Kaum Suku Aztec

Sobat MB yang penasaran tentang penjelasan lengkap Kaum Astec berikut ini adalah penjelasanya yang Insya Allah bermanfaat ya. 


Gambaran Suku Astec


Baiklah ini dia. Kaum Aztek atau Aztec adalah orang Amerika Tengah dari sentral Meksiko yang kaya dengan warisan mitologi dan kebudayaan. 

Dalam bahasa Nathualt (bahasa kuno meksiko), bahasa suku Aztek, "Aztek" berarti seseorang yang berasal dari Azltan (dalam bahasa meksiko dikenal dengan "kaum yang berasal dari suku astek")

Kaum Aztek juga menyebut diri mereka sebagai Mehika atau Meshika atau Mexica, asal nama Stocking "Meksiko". Penggunaan nama Aztek sebagai istilah yang merujuk kepada mereka yang mempunyai ekonomi, adat, agama, dan bahasa Mexica diawali oleh Alexander von Humboldt.

Alexander von Humboldt sendiri berasal dari German dia adalah seoranv naturalis dan penjajah yang terkenal di Meksiko.

SEJARAH

Aztek merupakan satu dari beberapa kebudayaan, yang disebut secara umum sebagai "nahuas" mengikut bahasa mereka. Ketika kaum Aztek sampai ke lembah anahuac,.
Mereka dianggap oleh nahuas lain sebagai yang paling tidak berperadaban, jadi mereka memutuskan untuk belajar, dan mengambil dari kaum- kaum lain, mereka banyak belajar dari Tolec tua (yang sering disebut dengan kebudayaan Teotihuacan yang lebih tua).
Kaum Aztek menggabungkan beberapa tradisi dicampurkan dengan tradisi mereka sendiri. Karena itu mereka mempunyai beberapa mitos penciptaan, satu darinya menggambarkan empat era sebelum dunia sekarang.dan keempat era tersebut berakhir dengan malapetaka. 
Era kelima akan kekal disebabkan pengorbanan kepada dewa matahari. Dongeng ini dikaitkan dengan kota tua Teotihuacan, yang telah musnah ketika kaum Aztek tiba. Mitos yang lain menggambarkan dunia sebagai ciptaan dewa kembar, Tezcatlipoca dan Quetzalcoatl.

Gambaran tentang Dewa Tezcatlipoca

Tezcatlipoca adalah salah satu dewa utama dalam mitologi Aztek. Ia dikaitkan dengan berbagai konsep, seperti langit malam, angin malam, badai, utara, bumi, batu obsidian, permusuhan, perselisihan, kepemimpinan, divinasi, godaan, sihir, kecantikan, perang dan percekcokan.
Dalam proses penciptaan dunia Tezcatlipoca kehilangan kaki. Dan semua gambaran dewa ini menggambarkan Tezcatlipoca tanpa kaki dan menampakkan tulang.

Gambaran Tentang Dewa Quetzalcoalt

Quetzalcoatl adalah dewa pencipta dan langit Aztek. Namanya adalah gabungan dari kata quetzal, burung Mesoamerika berwarna cerah, dan coatl, berarti ular. Quetzalcoatl sering dirujuk sebagai Ular Bersayap dan berhubungan dengan planet Venus. Kini, Quetzalcoatl adalah dewa Aztek yang paling terkenal, dan sering dianggap sebagai kepala dewa Aztek. Namun, Quetzalcoatl juga dikenali sebagai Tezcatlipoca Putih.
Menurut legenda, mereka mengembara ke Lago de Texcoco di Meksiko Tengah dari suatu tempat di utara yang dikenali sebagai Aztlán. Mereka dipandu oleh dewa mereka Huitzilopochtli. Huitzilopochtli adalah dewa perang dan dewa matahari dan pelindung kota Tenochtitlan. Ia juga merupakan dewa nasional Tenochtitlan.
Ketika mereka tiba di sebuah pulau di tengah danau, mereka melihat burung elang memakan seekor ular ketika bertengger di atas kaktus nopal, melihat gambaran tersebut mereka akhirnya membuat pemukiman baru karena menurut ralaman mereka akan membangung pemukiman baru ketika melihat burung elang memakan ular.
Kaum Aztek membuat kota mereka yang dikenal sebagai Tenochtitlan. Tempat tersebut, pada masa sekarang merupakan pusat kota Meksiko. Burung Elang legendaris itu pun juga terdapat dalam bendera Meksiko.
Berikut ini adalah Peninggalan Zaman Aztec.

Patung Xipe Totec





Kuil Aztec




Patung Coatlicue




Beriku adalah penjelasan tentang Suku Aztec. Semoga bermanfaat ya. Silahkan share dan komen. Mohon maaf jika ada yang salah dalam penulisan. Terima Kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar