Kamis, 16 November 2017

Nelayan 'Menemukan' Spesies Ikan zaman Dinosaurus

Chlamydoselachus anguineus


Sobat MB yang berbudiman. Baru-baru ini para nelayan menemukan spesies ikan yang menyerupai ular. Ikan tersebut merupakan spesies ikan yang masuk dalam kategori Fosil Hidup yang ada sejak 350 juta tahun yang lalu.

Ikan tersebut tampak menyeramkan karena memiliki 300 gigi tajam di mulutnya. Gigi tersebut ia gunakan untuk mencengkeram dan membunuh mangsanya, termasuk ikan, cumi dan hiu lainnya.



Ikan yang bernama latin Chlamydoselachus anguineus atau para nelayan menyebutnya dengan nama 'Hiu Jumbai'.

Menurut laman Boy Genius Report (BGR), pada saat tertangkap hiu tersebut sudah dalam keadaan mati diantara ikan-ikan lainnya.

Kemudian Nelayan tersebut menyerahkan hiu jumbai ke kapal riset untuk diteliti lebih lanjut.

Margarida Castro, seorang peneliti ilma perikanan di University of Algarve, di Portugal. Mengatakan bahwa nama hiu jumbai diambil dari barisan gigi yang berbentuk aneh dan tersusun dengan pola layaknya jumbai.

Gigi itu seperti jarum yang menghadap ke belakang , dan rahanya bisa menangkap mangsa yang lebih besar dari ukuran tubuhnya.

Hiu Jumbai yang ditangkap nelayan portugal itu mempunyai panjang tubuh 1,5 meter. Dan ukuran tersebut hampir tidak berubah sejak 80 juta tahun terakhir.



Nelayan tersebut melaporkan bahwa  hiu jumbai tersebut tertangkap dikedalaman 700 meter di permukaan air. Sekitar setengahnya dari kemampuan berenang.

Menurut Uni Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN), spesies ini deiketahui mampu berenang dikedalaman antara 20  hingga 1.500 meter dibawah air.

Hiu tersebut memiliki masa gestasi yang sangat lama dan berlangsung antara satu hingga dua tahun - periode yang hampit sama dengan gajah.

Layaknya anak gajah, anak hiu jumbai tidak kecil. Setelah lahir, hiu tersebut bisa berukuran panjang hingga 60 sentimeter.

Menurut IUCN Hiu jumbai memang melahirkan anak, bukan bertelur. Hiu jumbai biasanya melahirkan antara 2 hingga 15 anak.

Gimana menarik dan menambah ilmu bukan ? Silahkan silahkan share. Terima Kasih.

Sumber: Dream.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar