Kamis, 23 November 2017

Manfaat Petir atau Halilintar Bagi Kehidupan Manusia

Sebagian sobat MB mungkin sangat takut apabila mendengar suara petir. Takut tersambar katanya. Tapi tahukah Anda jika Petir bermanfaat bagi kehidupan manusia ?


Sumber gambar: www.livescience.com



Menurut para Ahli Fisika petir bermanfaat untuk kehidupan karena bisa mensuburkan tanah dan membunuh kuman dan bakteri.

Bagaimanakah proses terjadinya petir ?
Petir terjadi apabila awan yang bermuatan negative bertemu dengan muatan positif yang ada di bumi.

Selain manfaat diatas berikut Saya jabarkan beberapa manfaat Petir atau Halilintar untuk manusia.

1. Memproduksi Lapisan OZON (O3)


Sumber gambar: http://coolhedonizer.blogspot.co.id

Lapisan OZON merupakan sekumpulan udara atmosfer yang melindungi bumi dari radiasi sinar matahari yang berbahaya bagi kehidupan bumi seperti sinar Ultraviolet (UV) sehingga apabila sinar tersebut sampai di Bumi tidak berbahaya walaupun berjumlah banyak.

Petir yang kita ketahui hanya terdengar berbahaya ternyata sangat berperan penting untuk membentuk lapisan OZON.

Petir berfungsi untuk memicu terjadinya reaksi kimia O2 (oksigen) menjadi O3 (OZON). Secara sederhananya tiga senyawa O2 akan pecah menjadi 6 senyawa O lalu menjadi 2 Senyawa O3.
Proses tersebut tidak akan terjadi tanpa adanya petir.

2. Mensuburkan Tanah


Sumber gambar: http://tipspetani.blogspot.com

Mensuburkan Tanah ? Yap saat petir menyambar terdapat nitrogen yang bercampur air yang dapat membuat tanah subur. Hal tersebut terjadi karena tanah mendapatkan pasokan nitrogen lebih banyak berupa Unsur Hara.

Seperti yang kita ketahui bahwasanya para petani menggunakan pupuk untuk menjaga unsur hara tetap terjaga baik agar tanamanya tumbuh subur.

3. Membunuh Kuman dan Bakteri


Sumber gambar: www.clinicalkey.com


Di dalam lapiran udara terdapat kuman dan bakteri yang berterbangan diperkirakan berjumlah hampir ribuan hingga jutaan. Terlebih lagi jika berdekatan dengan sumber penyakit seperti sampah, rumah sakit, pabrik, dan lain-lain.

Pada saat awan menutupi permukaan bumi maka udara sekitar cenderung lembab, karena meningkatnya kandungan uap diudara, hal itu yang akan bertumbuh pesatnya perkembangan kuman dan bakteri di udara. Jika ada petir itu menandakan bahwa petir tersebut sedang membunuh para bakteri dan kuman.

Pada saat petir menyambar, udara akan menjadi panas yang mengakibatkan kuman dan bakteri terbunuh.

4. Petir untuk Sumber Energi


Sumber gambar: www.republika.com

Sumber energi dari petir merupakan hal yang lumrah pada saat ini.

Hal ini dipelepori oleh sekelempok ahli dari University of Campinas di Brazil memberi pernyataan bahwa mereka telah mengadakan penelitian dan mengklaim bahwa telah mengetahui bagaimana listrik terbentuk dan dilepaskan ke atmosfer dengan hasil sambaran petir, dengan tujuan penelitian mengetahui manfaat dari sambaran petir untuk listrik.

Baca Juga : Bagaimana Proses Awal Terjadinya Petir ?

Hasilnya perangkat dapat dikembangkan untuk mengekstraksi dan muatan listrik dari atmoster dan menggunakannya.
Mereka menemukan SILIKA yang menjadi lebih bermuatan negatif ketika tingkat uap air tinggi dan terkumpul di udara,  dengan kata lain selama kelembaban tinggi, mereka juga menemukan bahwa aluminium frosfat menjadi lebih bermuatan positif pada kelembaban tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar