Sabtu, 25 November 2017

Jangan Lewatkan 'Supermoon' terakhir di Tahun ini.

Sumber gambar: www.thesun.co.uk

Supermoon adalah penampakan Bulan yang terang dan besar karena berjarak terdekat dengan Bumi.

Kita semua bisa menyaksikan supermoon pernuh pertama dan terakhir kalinya tahun ini. Supermoon merupakan istilah yang populer untuk menyebut bulan purnama yang bertepatan dengan bulan yang mencapai jarak terdekat bulan dengan bumi.

Orbit bulan yang mengelilingi bumi bukan merupakan lingkaran, melainkan bentuk oval. Itu artinya, jarak bulan ke bumi bervariasi, kadang mencapai titik terdekat (perigee) dan titik terjauh (apogee).

Supermoon ini merupakan yang ke empat di tahun ini. Namun yang terlihat pada 3 Desember 2017 merupakan satu-satunya yang bisa dilihat dengan mata telanjang. Hal ini disebabkan karena tiga supermoon sebelumnya berpepatan dengan fase bulan baru.

Disepanjang malam tersebut, bulan akan muncul 7 persen lebih besar dan 16 persen lebih terang dari biasanya. Tetapi tentu tidak akan mudah membedakanya dengan mata telanjang.

Waktu yang terbaik untuk menikmati supermoon akan seperti bulan purnama pada umumnya, yaitu beberapa menit setelah matahari terbenam. Karena pada saat itu, efek optik yang disebut dengan ilusi bulan akan membuat supermoon tampil jauh lebih besar dan lebih cerah daripada biasanya.

Menurut artikel yang di rangkum dari National Geographic, selasa (21/11/2017), supermoon ini nantinya akan bersanding dengan rasi bintang Taurus (banteng). Dengan menutupi bulan menggunakan jari Jempol, Anda pun juga bisa mencari bintang Aldebaran, bintang raksasa berusia 65 tahun cahaya.

Para pengamat langit di Kanada, Rusia, Alaska Utara, dan sebagian wilayah China bahkan beruntung akan melihat bulan meluncur sebentar di depan bintang tersebut.

Meski tidak memerlukan alat khusus untuk melihat fenomena ini, jika Anda menggunakan kamera dengan lensa tele, teleskop atau teropong, akan ada kesempatan melihat permukaan bulan yang lebih baik.

Jangan khawatir jika diwilayah Anda tertutup mendung, Anda bisa menyaksikannya secara online. Para astronom akan memberikan gambar real-time dari satelit indah di atas monumen legendaris Roma, Italia.

Bahkan jika Anda ketiduran dan tak sempat menyaksikannya, tak perlu kecewa, karena akan ada dua Supermoon pada awal tahun depan. Tepatnya pada tanggal 2 dan 31 januari 2018. 

Sekarang mari kita berharap pada tanggal 3 Desember 2017 langit malam akan cerah tanpa ada mendung maupum hujan.

Sumber artikel: kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar