Kamis, 21 Februari 2019

Apa yang dimaksud dengan UNICORN ? Ini penjelasan lenkapnya - Menakjubkan Banget



Menakjubkan Banget: Selamat datang semuanya, pasti kalian yang datang kesini sangat ingin tahu apa yang dimaksud dengan UNICORN, apalagi setelah ramai diperbincangkan di media sosial maupun media massa tentang debat capres beberapa waktu lalu.

Baiklah tidak usah bingung dan khawatir  kami akan jelaskan lengkap disini.

Unicorn adalah istilah untuk mengukur keberhasilan sebuah start-up. Keberadaan start-up di era digital ini sudah tidak dapat dipandang sebelah mata lagi. karenanya berbagai start-up telah terbukti berhasil mengimbangi kesuksesan perusahaan-perusahaan besar lainnya.


  • UNICORN mengacu pada start-up yang memiliki valuasi senilai USD 1 miliar atau jika dirupiahkan sekitar Rp. 13,1 triliun atau lebih.

Semua start-up terbesar di berbagai belahan dunia seperti Amerika Serikat, Tiongkok, Jerman, India, Kanada, Inggri, dan Singapura. Start-up tersebut menggeluti bidang yang berbeda atau bervariasi seperti keuangan, pemasaran, pelayanan, ritel, dan game.


Menurut data penelitian dari CB Insight, start-up pertama yang menduduki kategori Unicorn adalah UBER. Start-up asal Amerika Serikat ini memiliki valuasi senilai USD 51 miliar.

Di posisi kedua diduduki oleh Xiaomi, Tiongkok, dan memiliki valuasi USD 46 miliar. Di posisi ketiga diduduki oleh Airbnb dari Amerika Serikat memiliki valuasi senilai USD 25,5 miliar.

Uber telah berdiri sejak tahun 2009 silam. Xiaomi tahun 2010 dan Airbnb berdiri tahun 2008. Ketiga start-up ini dapat dilihat sudah beroperasi selama lebih dari 5 tahun. Melihat hal ini berarti untuk menjadi kategori Unicorn sebuah start-up harus melalui proses yang tidaklah singkat.

Venture Beat memperhitungkan, sebuah start-up memang membutuhkan waktu yang cukup lama sebelum menjadi dan bisa dikategorikan sebagai Unicorn. Start-up rata-rata membutuhkan waktu lebih dari 6 tahun untuk bisa menembus kategori Unicorn.

Di indonesia sendiri telah memiliki 4 perintis Unicorn start-up yang mulai dilirik oleh para investor asing dengan valuasi diatas USD 1 miliar atau sekitar Rp. 13,8 triliun diantaranya yaitu Tokopedia dengan valuasi sebesar Rp 50 triliun, Gojek dengan valuasi sebesar Rp 40 triliun, Traveloka dengan valuasi sebesar Rp 26 triliun serta yang terakhir Bukalapak dengan valuasi sebesar Rp. 15 triliun.

Artikel diatas sudah pernah dipublikasikan di Website Merdeka.com dengan judul artikel Inilah Pengertian Unicorn yang Disebut Jokowi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar