Rabu, 24 Oktober 2018

Piranhamesodon Spesimen Ikan mirip Piranha Purba 150 juta Tahun Lalu - Menakjubkan Banget


Menakjubkan Banget - Penelitian yang dilakukan oleh para ahli baru-baru ini menemukan spesimen baru yang berusia 150 juta tahun yang lalu dan meneror lautan.

Spesimen ini merupakan jenis dari Bonny Fish atau sekelompok iklan bertulang lunak.
Peneliti menemukannya pada endapan batu kapur dipedesaan Jerman Selatan pada tahun 2016 silam.
Sekilas memang tidak ada yang menarik, tapi fitur yang dimiliki spesimen itu membuat para ahli terperangah.

Setelah ilmuawan dengan hati-hati melepaskan fosil berukuran 7,1 sentimeter dari endapan batu dengan bantuan pisau bedah dan jarum,  mereka menemukan ada gigi-gigi panjang dan runcing di depan rahang atas dan bawah.

Gigi yang juga muncul di bagian luar vomer, tulang yang membentuk atap mulut. Dan juga, Gigi segitiga dengan tepi tajam bergerigi menjorok dari tulang yang terletak di sepanjang sisi rahang menunjukan bahwa ikan mampu memotong daging atau sirip dengan cara yang mirip dengan piranha pada saat ini yang terdapat di sungai Amazon.

Para ahlipun sepakat menamai ikan ini dengan nama Piranhamesodon Pinnatomus. Nama itu sendiri mengacu oada sifat piranha yang berarti pemotong sirip.

Ilmuwan paleontolog juga menemukan fosil ikan yang menjadi buruan dari piranha pinnatomus. Ikan ini ditemukan memiliki potongan-potongan jaringan pada sirip mereka.

"Ikan yang mungkin mangsa Piranhamesodon ini siripnya hilang", ujar Davis Bellwood dari James Cook University, Australia.
Ini pertama kali para peneliti menemukan bukti jika Bony memangsa daging atau sirip ikan mangsanya. Sebelumnya, mereka lebih sering dikatakan menelan seluruh mangsanya.

"Kami terkejut,  karena ikan ini mempunyai gigi seperti piranha. Tetapi yang luar biasa adalah bahwa itu berasal dari Era Jura. Ikan bony pada masa itu tidak memangsa ikan lain atau menggigit daging, mereka cenderung menelan utuh mangsanya." ujar Martina Kolbl-Elbert Dari Jura-Museum Eichstatt. (JME-SNSB).

Kolbl-Elbert juga mengatakan, jika ikan ini dapat mengembangkan gigi yang mampu untuk memotong daging. Lalu apa selanjutnya?  Ini merupakan contoh dari fleksibilitas evolusi dan oportunisme.

Studi ikan mirip piranha ini dipublikasikan dalam Jurnal Biology. Sementara itu,  fosil tersebut tersimpan di Museum Jura di Jeman.

Sumber : Kompas.com

3 komentar:

  1. Link exchange is nothing else except it is just placing the other person's blog link on your page
    at appropriate place and other person will also do similar for you.

    BalasHapus
  2. Thanks in support of sharing such a good opinion, post is fastidious, thats why i have read it entirely

    BalasHapus